fakta kampung inggris pare kediri
fakta kampung inggris pare kediri
Kampung bahasa inggris di kediri jawa timur ini waktu demi waktu semakin dikenal oleh masyarakat luas di seluruh Indonesia.

Hal ini bisa di lihat dari samakin banyaknya pengunjung baik dari kalangan pelajar sekolah, mahasiswa, maupun karyawan atau pekerja.

Sejalan dengan itu bermunculan pula berita-berita tentang kampung inggris pare kediri ini yang harus kita telusuri kebenarannya.

Ada beberapa dari selentingan berita tersebut yang jauh dari kebenaran namun ada pula yang merupakan fakta.

Untuk itu sangat penting kita mengetahui fakta-fakta yang ada di kampung inggris pare kediri ini. Dan untuk itu juga sangat penting apabila satu persatu fakta tersebut kita sampaikan secara transparan. 

Berikut ini adalah 15 fakta tentang kampung inggris pare kediri jawa timur:


1. Fakta Bahwa Warga Asli Kampung Inggris Pare Kediri Dalam Kesehariannya Menggunakan Bahasa Jawa dan Indonesia.


Mereka yang belum pernah ke kampung inggris pare kediri ini masih banyak yang beranggapan sebaliknya

Bahwa warga kampung ini menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi dalam kesehariannya

Semua pedagang makanan sampai tukang becak katanya setiap hari berbicara menggunakan bahasa inggris.

Fakta yang ada semua warga kampung ini dalam berkomunikasi tidak menggunakan bahasa inggris tetapi bahasa jawa dan bahasa Indonesia.


2. Fakta Bahwa Lingkungan Kampung Inggris Pare Kediri Sangat Mendukung Untuk Belajar Bahasa Inggris.


Di kampung inggris pare kediri ini kondisi lingkungannya sangat support untuk mereka yang kursus bahasa inggris meskipun secara keseluruhan tidak semua warga kampung menguasai bahasa inggris.

Bagaimana bisa seperti itu? Karena meskipun tidak semua warga kampung menguasai bahasa inggris tapi juga tidak sedikit yang bisa berbahasa inggris sebab pernah belajar langsung ke pak kalend osen.

Sehingga ketika teman-teman yang belajar di pare berlatih bahasa inggris diluar seperti di warung dan disepanjang jalanan kampung inggris

Warga kampung akan menganggap hal tersebut adalah hal yang biasa dan memang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari kursus bahasa inggris di kampung inggris pare kediri.


3. Fakta Bahwa Tidak Banyak English Native Speaker Yang Berada Di Kampung Inggris Pare Kediri.


Fakta ini adalah benar adanya, jadi mereka yang beranggapan bahwa di kampung ini bakal menemui banyak english native speaker seperti layaknya di daerah-daerah pariwisata besar di indonesia

Seperti pulau bali dan lain-lain pasti akan kecewa karena tidak sesuai dengan bayangannya.

Walaupun sempat ada beberapa kursusan di kampung inggris pare kediri ini yang mendatangkan english native speaker sebagai tenaga pengajarnya akhirnya tidak bisa berkelanjutan.

Karena biaya untuk mendatangkan english native speaker tidaklah murah. Jika biaya tersebut dibebankan pada biaya kursus, maka biaya kursus menjadi mahal.

Padahal kampung inggris pare kediri ini dikenal dengan konsep pendidikan dari bapak kalend osen yaitu pendidikan bahasa inggris yang murah merakyat dan berkarakter.


4. Fakta Bahwa Kampung Inggris Pare Kediri Lokasinya Tidak Jauh Dari Daerah Manapun


Bagaimana statement tersebut bisa disebut fakta? Di era tranportasi modern saat ini untuk menjangkau daerah manapun tidak akan menemui faktor kesulitan yang berarti.

Terbukti mereka yang datang ke kampung inggris pare kediri ini berasal dari hampir seluruh daerah di Indonesia.

Lokasi kampung inggris pare kediri di provinsi jawa timur ini sangat mudah dijangkau oleh teman-teman dari luar pulau jawa

Mereka dengan mudah datang ke kampung ini dengan menggunakan transportasi laut, transportasi udara dan transportasi darat.

Dengan majunya dunia transportasi saat ini kita bisa mengunjungi daerah manapun di dalam wilayah negara republik tercinta ini.


5. Fakta Bahwa Kampung Inggris Pare Kediri Tidak Berada Di Daerah Pedalaman.


Meskipun kabupaten kediri di jawa timur bukanlah kota besar seperti surabaya, tetapi derah kediri ini sudah merupakan kota yang ramai perdagangannya sejak jaman kerajaan kediri sebelum majapahit.

Sedangkan kecamatan pare sendiri merupakan wilayah karesidenan kediri sejak jaman belanda.

Desa tulungrejo di pare tempat kampung inggris berada memang layak disebut kampung karena warga setempat masih menjunjung tinggi adat istiadat ketimurannya.

Sedangkan kondisi di kampung inggris pare kediri ini pun sudah layaknya seperti sebuah kota kecil

Yang memiliki tranportasi umum antar kota, pertokoan, semua signal provider telephone seluler bisa ditangkap dengan kuat disini.

Persawahan di sekitar kampung inggris pare kediri menunjukan jika penduduk atau warga asli kampung ini memang sebenarnya bermata pencaharian dari hasil pertanian atau agraris

Layaknya penduduk di daerah atau provinsi lain di republik tercinta ini yang sebagian besar juga bermata pencaharian dari hasil pertanian.


6. Fakta Bahwa Transportasi Menuju Kampung Inggris Pare Kediri Sangat Mudah.


Benarkah fakta tersebut? Teman-teman yang sebelumnya pernah mengunjungi kampung inggris pare kediri merupakan bukti dari fakta tersebut.

Pada artikel sebelumnya kami pernah mengulas bagaimana menuju kampung inggris pare kediri ini dengan berbagai macam alat tranportasi umum baik itu dengan pesawat udara, dengan kereta api, atau dengan bus.


7. Fakta Bahwa Di Kampung Inggris Pare Kediri Cukup Lengkap Dengan Fasilitas Penunjang Kebutuhan Sehari-hari.


Fakta perihal fasilitas penunjang kebutuhan sehari-hari di kampung inggris ini sudah pernah kami ulas di artikel kami sebelumnya yaitu:


8. Fakta Bahwa Nama Kampung Inggris Bukan Nama Dari Satu Lembaga Kursus


Fakta tersebut terkait dengan jumlah lembaga kursus di kampung inggris ini ada ratusan, bukan cuman seratus tetapi ratusan.

Jumlah ratusan tersebut jika kita menghitung termasuk yang tidak memiliki ijin sebagai lembaga kursus dari dinas pendidikan.

Jika di daerah lain ada kampung inggris dan hanya ada satu tempat kursus saja dengan nama kampung inggris, itu adalah hak daerah tersebut.

Semua daerah berhak membuat area kampung inggris, hanya waktulah yang akan membuktikan kampung inggris tersebut umurnya lama atau tidak.

Didalam waktu tersebut akan berbicara secara kualitas bagus atau tidak dari para custumer yang mendatangi kampung inggris baru tersebut.

Dan didalam waktu tersebut juga akan terlihat lingkungan kampung inggris tersebut mendukung mereka yang datang untuk kursus di kampung inggris baru tersebut atau tidak.


9. Fakta Bahwa Pemilik Kursusan Sebagian Besar Adalah Bukan Warga Asli Kampung Inggris Pare


Kebenaran fakta ini adalah memang hampir semua kursusan bahasa inggris di kampung inggris pare adalah milik orang luar daerah pare, bukan warga setempat. 

Bahkan pak Kalend Osen yang mendirikan tempat kursus pertama di kampung ini juga bukan penduduk asli pare beliau dari Kalimantan. Tapi fakta juga yang membuktikan bahwa:
  • Bapak Kalend Osen memberikan pendidikan bahasa inggris secara gratis bagi warga kampung, sedangkan pemilik kursusan lain yang pendatang TIDAK.
  • Bapak Kalend Osen memberikan banyak hal kepada warga kampung hingga tidak bisa dinilai dengan harga, sedangkan pemilik kursusan lain yang pendatang TIDAK.
  • Bapak Kalend Osen dalam berkarya selalu istiqomah agar warga kampung juga merasakan manfaatnya, sedangkan pemilik kursusan lain yang pendatang TIDAK.
Dan masih banyak TIDAK yang lain dari pemilik kursusan pendatang it's just too many to mention


10. Fakta Bahwa Di Kampung Inggris Pare Selain Belajar Juga Berwisata


Memang benar, jika anda mengisi waktu liburan di kampung inggris pare untuk kursus berarti anda sedang berwisata edukasi.

Selain dari pada itu ketika mengisi waktu off belajar di hari sabtu minggu banyak tempat wisata di jawa timur atau kediri dan sekitarnya yang bisa anda kunjungi untuk refreshing.


11. Fakta Bahwa Di Kampung Inggris Pare Juga Bisa Kursus Bahasa Lain Selain Inggris


Di kampung ini terdapat banyak tempat kursus bahasa lain selain inggris, seperti bahasa arab, bahasa jepang, dan beberapa bahasa yang lain.

Memang jumlah kursusan yang terbanyak adalah kursus bahasa inggris.

Jika ada yang menyebut kampung inggris pare ini dengan sebutan kampung bahasa memang tepat, karena faktanya selain bahasa inggris tempat kursus bahasa lain selain inggris pun ada.


12. Fakta Bahwa Biaya Kursus Di Kampung Inggris Masih Murah


Memang benar, SPP perbulan untuk biaya kursus di BEC ya masih segitu-gitu aja, biaya kursus di VOC kampung inggris pare masih segitu-segitu juga.

Konsep asli di kampung ini adalah Pendidikan Murah Merakyat dan Berkarakter. Lalu kenapa banyak tempat kursus di kampung ini yang biayanya semakin mahal?

Wajar saja, jika pendatang dari daerah lain bertujuan mencari kentungan sebanyak-banyaknya,

contohnya:
Sewa tempat kost milik warga kampung dengan harga Rp.150.000 lalu di kostkan lagi ke siswanya dengan harga Rp.400.000

Dibungkus polesan slogan this and that....and whatever lah, lalu siswanya berpendapat bahwa sekarang kost di kampung inggris pare mahal.
Paket katering ke siswanya satu porsi Rp.15.000 tapi di sub kan ke warung penduduk dengan harga per porsi Rp.6.000,

Kemudian siswanya berpikir ternyata harga makanan di kampung inggris pare mahal.
Biaya kursus mahal karena biaya untuk makelar, marketing, dan sewa tempat di include kan ke dalam biaya kursus.
So? Masih berpikir biaya kursus di kampung inggris pare mahal? Ngga juga kok. Masih ada tempat kursus milik asli warga kampung yang biaya kursusnya wajar se wajar BEC.


13. Fakta Bahwa Kampung Inggris Pare Masih Kondusif


Brigadir Kampung Inggris yang dibentuk oleh polrest kediri adalah bukti bahwa keamanan ditangani secara serius di kampung ini.

Jika pernah terjadi kasus pencopetan di kampung ini masih bisa dikatakan pada level yang masih bisa ditekan.

Tindakan kriminalitas seperti pencopetan dan pencurian bisa terjadi di mana saja. Itulah sebabnya tips agar aman adalah kita mulai dari diri kita sendiri dengan tetap waspada

Contoh tindak kriminal pencopetan yang pernah terjadi di kampung inggris ini adalah ketika teman-teman dengan lugunya meletakan barang-barang berharga di keranjang sepeda

Ada baiknya jika halaman ini di intip kembali, silahkan dilihat Tips Aman Bersepeda di Kampung Inggris 


14. Fakta Bahwa Kampung Inggris Pare Tidak Akan Langsung Membuat Anda Jago Ngomong Inggris


Terkait dengan fakta ini, pare dikenal seluruh nusantara karena BEC nya bapak Kalend Osen, program belajar di BEC adalah 6 Bulan.

Jadi untuk mendapatkan hasil maksimal belajar di pare adalah di BEC selama 6 bulan. Itupun jika anda memiliki tekad dan kemauan yang kuat

Siapapun jika tidak mau disiplin dan “semau gue” dijamin tidak akan betah kursus di BEC yang menarapkan disiplin dan adat kesopanannya.

Adalah sebuah kesalahan besar, jika memiliki ekspektasi tinggi di pare dengan hanya daftar kursus program parsial sehari 1 kali pertemuan sebanyak 10 kali pertemuan dan simsalabim langsung jago bagaikan english master.

Setidaknya untuk teman-teman pelajar jika tidak punya waktu 6 bulan, luangkanlah setiap waktu liburan semester ke VOC kampung inggris kediri

Di VOC Pare bisa mengikuti  intensive program guna mengasah skill dan menanamkan habit atau kebiasaan english practice.


15. Fakta Bahwa Kampung Inggris Pare Adalah Tempat Yang Salah Untuk Mencari Pacar


Doohh ekstrim banget ya? Memang benar fakta tersebut, coba saja masukkan logikanya:
  • Program yang anda ikuti waktunya cukup singkat, dalam waktu hitungan 2 minggu bahkan kurang sudah falling in love? Oh come on guys! Get real will ya....?
  • Jika itu terjadi, lalu program kursus anda selesai, program kursusnya dia pun selesai. Dia pulang kampung anda pun pulang kampung, and then what? Long distance relationship? Are you sure???
  • Apa yang telah terjadi diatas? Anda tidak akan fokus belajar di kampung inggris pare gara-gara itu, setelah semuanya berakhir seiring berakhirnya program kursus dan masing-masing pulang kampung, rest assured what you've got is nothing!
  • Dan akhirnya anda akan update status di akun sosial media mengkicaukan betapa hancurnya hati anda, .....Kasian Deh Loe... :P
Bisa jadi alur peristiwa diatas terlalu lebay :D, but please guys, think about it!