Kebanyakan anak-anak memiliki bakat alami untuk belajar bahasa inggris. Pelajar yang masih usia dini memiliki karakteristik bawaan tertentu yang membuat mereka menjadi pelajar yang hebat, termasuk keinginan untuk berkomunikasi , rasa yang kuat akan ingin tahu dan keberanian tertentu ketika membuat kesalahan dalam mencoba. Dikombinasikan dengan karakteristik alami ini , berikut ini tips  untuk belajar
bahasa Inggris untuk anak-anak agar dalam mengajar bahasa inggris di rumah serasa mudah dan efektif.
Anak-anak memiliki bakat yang kuat untuk belajar tetapi umumnya memiliki rentang perhatian yang pendek . Untuk menjaga anak-anak terlibat dalam belajar bahasa Inggris, meliputi kegiatan multi-indera yang melibatkan mendengar, melihat dan menyentuh sebagai tambahan selain berbicara. Rotasi aktivitas gerakan dengan yang memerlukan duduk diam dan menggambar atau menulis memperkenalkan variasi dan menjaga anak-anak terfokus pada tugas di tangannya .
Anak-anak sering belajar paling mudah ketika berhadapan dengan benda-benda dan ide-ide. Penjelasan tata bahasa dan konsep-konsep abstrak terkadang sulit bagi anak-anak untuk memahami dan harus dihindari. Salah satu tips terbaik belajar bahasa Inggris untuk anak-anak adalah dengan menggunakan benda-benda dirumah untuk mengajarkan kosakata dan menyertakan frasa umum, seperti " Have a nice day , " secara teratur dalam percakapan. Ungkapan-ungkapan rutin ini memiliki nilai praktis dan juga memperkuat aturan tata bahasa tanpa harus  secara eksplisit menjelaskan kepada mereka .
Bermain merupakan cara belajar dan bereksplorasi untuk anak-anak. Melalui permainan , mereka belajar untuk membangun realitas yang berbeda , mengambil peran baru dan terlibat dalam pengalaman baru. Anak-anak dapat menggunakan permainan , seperti bermain drama, untuk melatih kemampuan belajar bahasa Inggris mereka. Mereka bisa berpura-pura menjadi dokter , petualang , guru, wisatawan atau orang lain dan memperoleh keterampilan bahasa baru pada saat yang sama.
Anak-anak umumnya tidak terlalu takut membuat kesalahan dibandingkan pelajar dewasa. Orang dewasa cenderung merasa malu atau merasa bodoh jika mereka mengucapkan kata yang tidak benar atau membuat kesalahan dalam belajar bahasa inggris. Ini merupakan sifat alami anak-anak , tetapi orangtua dapat memperkuatnya dengan memberikan hal-hal positif, umpan balik lembut dan berfokus pada isi dari pada bentuk komunikasi kepada anak-anak.
Pada akhirnya , orang tua yang mengajarkan bahasa inggris di rumah akan mendapatkan keuntungan dari akses mudah dalam mendapatkan bahan belajar bahasa Inggris yang tersedia di seluruh dunia secara online. Anak-anak harus diperkenalkan kepada buku-buku berbahasa Inggris , film, acara televisi, musik , surat kabar , majalah , komik dan program-program aplikasi komputer. Itu semua merupakan alat untuk pembelajaran yang dapat mengajarkan anak-anak pengucapan , kosa kata dan tata bahasa sambil membina minat mereka dan memperkenalkan mereka dengan budaya dunia yang berbahasa Inggris. Orang tua dapat membuat bahan-bahan ini lebih efektif dengan cara melakukannya bersama anak-anak mereka. Mereka mungkin akan membaca dengan keras , bertindak menirukan cerita dalam buku atau ikut bernyanyi mengikuti musik untuk membuat pengalaman belajar bahasa inggris lebih interaktif.